Minggu, 05 Mei 2013

TIPS & TRIK OPTIMALISASI SOUND SYSTEM BAWAAN ASLI MOBIL. Part 1

Bagian 1 / 2.



Glitter Text Maker Mobil-mobil hi-tech (full computerized) masa kini, benar-benar makin merperlebar jurang / gap teknologi, antara mobil dengan pemiliknya. Semakin hari para pemilik dibuat semakin tidak paham dengan teknologi yang diusung oleh mobil modern yang baru dibelinya. System elektronik yang rumit dan features mobil, yang bahkan sudah menjangkau sistem Satellite Navigation, makin membingungkan para tuan pemilik barunya.
DUG DUG DUG DUG...
Salah satu contoh, ialah: modifikasi sound system mobil, dimana kebebasan untuk mengotak-atiknya / modifikasi sudah sangat berbeda dengan mobil terbitan masa lampau. Jadi modifikasi sound system mobil masa kini tidak bisa dilakukan sembarangan, karena beresiko tinggi. Sebab bisa-bisa: SRS Air Bag, ECU, ABS, EBD, Brake Assist, Traction Control, i-Drive, Smart Entry, Security System, Multi Data Display, Satellite Navigation  (SATNAV), dll., salah satu atau beberapa dari mereka pada mogok kerja (terbanyak SRS Air Bag) gara-gara salah “menarik kabel”. Bila hal ini terjadi, maka ongkos perbaikannya pasti sangat mahal.



Jadi semua modifikasi penting pada mobil-mobil high-end, dalam hal ini sound system, sudah seharusnya ditangani oleh para pakar/ konsultan/ instalatur ahli dengan segudang pengalaman dengan bersenjatakan alat-alat canggih serta berbayaran mahal.
Hal di atas tentu bisa menjadi “neraka” tersendiri bagi para pemilik mobil canggih “bertelinga emas” yang benar-benar hobi mendengarkan musik, terutama bagi Anda yang sayang keluar uang percuma. Haha...
Mobil-mobil canggih masa kini terutama dari kelas premium, oleh pabrikan, umumnya sudah dilengkapi dengan sound system bawaan asli pabrikan, yang mutakhir dan mumpuni hasil rancangan para ahli sound system terkemuka dunia, misal: Bose, Harman Kardon, Mark Levinson, Cerwin Vega, dll. Mulai dari head unit, equalizer, digital sound processor, special kabel, speaker, crossover, anti gaung / echo killer, sistem akustik, tata letak speaker, dll., termasuk SUBWOOFER dan monoblock amplifier yang memang sudah merupakan piranti standard. Semua spesifikasi "blekethekan" diatas tentunya dipilih yang berkelas dan sudah dirancang dengan perhitungan cermat dan sedetail mungkin, sehingga “hasil suara bening dan gelegarnya” mampu memanjakan gendang telinga para pemilik mobil ybs., agar tetap bisa duduk nyaman di singgasana serta rela berlama-lama di dalam kabin mobilnya. Jadi sound system mobil premium ini relatif tidak perlu diapa-apakan lagi. Lebih baik Anda pasrah saja, haha...

Berbeda dengan mobil-mobil canggih kelas tanggung, yang mana sound systemnya kebanyakan juga "tanggung", sehingga relatif lebih leluasa untuk di make up agar kinerjanya lebih optimal. Sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya perlu dimiliki dulu pengetahuan dasar tentang sound system mobil , seperti biasa, sbb.:
Ada beberapa pengetahuan dasar utama tentang sound system mobil masa kini yang perlu dikenal, yang meliputi: Faktor-faktor penentu suara tokcer (optimal), HEAD UNIT, EXTERNAL AMPLIFIER, LOUD SPEAKER, KABEL / SISTEM KONEKSI, SISTEM AKUSTIK (meliputi peredam suara dan tata letak speaker).


Faktor-faktor penentu agar suara sound system mobil Anda tokcer habeeezzz:
  1. Media rekam dan kualitas rekaman harus tokcer.
  2. Pilah dan pilih hardware sound system (head unit, external amplifier, loudspeaker, kabel, X'over,  box speaker, peredam suara) harus tokcer, meskipun tidak harus berharga selangit.
  3. Setting / tuning suara yang ada di hardware sound system harus tokcer. Misal setting: equalizer, DSP, balance, fader, dll. harus pas dengan musik yang diputar.
  4. Tata letak speaker harus tokcer, agar mumpuni menggelontorkan suara dari berbagai selera musik.
  5. Semua hardware sound system terpasang ketat, fix dan solid pada dudukannya masing-masing.
  6. Tidak ada bagian-bagian dalam interior mobil yang kendor dan renggang (hampir lepas) yang rawan menghasilkan getaran noise.
  7. Di dalam interior mobil terutama di dalam kotak / container yang ada, harus bebas dari benda-benda kecil yang berserakan, misal: uang coin, gunting kuku, sisir, kunci rumah, dll., karena benda-benda tsb. rawan menghasilkan getaran noise.
  8. Interior mobil memiliki tingkat peredaman kebisingan external yang tokcer, terutama rembesan kebisingan dari: mesin, knalpot, angin, gesekan ban pada jalan dan lalu lintas yang sibuk.  

HEAD UNIT.

HU single DIN
Head Unit / HU, adalah alat kontrol utama dari audio system mobil. Karena bersifat multiguna, maka di dalam HU sendiri sudah tersimpan (bulit in) salah satu atau beberapa piranti, seperti: LCD touch screen monitor, radio / TV tuner, internal amplifier, cassette player, CD / DVD player, multyple CD changer, USB (flash disk, iPOD), dan kadang sudah dilengkapi hard disk drive portabel. Sedangkan features yang terkandung adalah: DSP component, Equalizer component, Bluetooth, camera monitor, Satnav, dll.

0 komentar:

Posting Komentar